Melakukan Identifikasi Negara Tujuan Ekspor

Written by Glori on December 22, 2019 in Strategi Perngiklanan Bisnis with no comments.

Usaha kecil yang pada umumnya merupakan unit usaha keluarga, mempunyai jaringan usaha yang sangat terbatas dan kemampuan penetrasi pasar yang rendah, ditambah lagi produk yang dihasilkan jumlahnya sangat terbatas dan mempunyai kualitas yang kurang kompetitif. Berbeda dengan usaha besar yang telah mempunyai jaringan yang sudah stable serta didukung dengan teknologi yang dapat menjangkau internasional dan promosi yang baik. Untuk itu, Indonesia kiranya perlu untuk mengoptimalkan peluang pasar yang ada di Turki untuk beberapa komoditas atau jenis produksi.

Biasanya komoditi ekspor memiliki harga yang lebih tinggi di negara tujuan dibandingkan di pasar domestik. Sehingga UKM ekspor cenderung memiliki omzet yang lebih tinggi dibandingkan UKM non-ekspor meskipun kedua perusahaan memiliki tingkat produksi yang sama. Dilihat dari penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi , Indonesia masih dikategorikan sebagai negara sedang berkembang. Industri pengolahan juga mencatatkan penyerapan tenaga kerja hingga 18,25 juta orang pada tahun lalu, atau berkontribusi sebesar 14,72% terhadap complete tenaga kerja nasional.

Setelah deregulasi perbankan pada 1988, kredit UKM dengan bunga bersubsidi secara berangsur dihentikan, diganti dengan kredit financial institution komersial. Selain itu, donor internasional juga menyusun kredit program investasi bagi UKM dalam mata uang rupiah. Selain itu, NPWP sebagai prasyarat pengajuan kredit di Perbankan juga telah dihapuskan, dimana hal ini memberikan peluang dan kesempatan yang lebih besar bagi kita untuk mengakses modal dari sisi perbankan. Terbatasnya akses pasar akan menyebabkan produk yang dihasilkan tidak dapat dipasarkan secara kompetitif baik di pasar nasional maupun internasional.

Dengan tingkat bunga pinjaman yang lebih murah, maka keinginan bank-bank untuk meminjam uang dari financial institution sentral menjadi lebih besar, sehingga jumlah uang yang beredar bertambah dan sebaliknya. Salah satu fasilitasnya yaitu adanya tingkat bunga diskonto yang maksudnya adalah tingkat bunga yang ditetapkan pemerintah atas bank-bank umun yang meminjam ke bank sentral. Inflasi atau kenaikan harga umum secara terus-menerus dianggap berbahaya karena dapat menyebabkan dampak negtif seperti menurunkan tingkat kesejahteraan rakyat, memburuknya distribusi pendapatan, dan mengganggu stabilitas ekonomi. Keterbelakangan merupakan suatu keadaan yang kurang baik jika dibandingkan dengan keadaan lingkungan lainnya. Keterbelakangan dalam hal ini maksudnya adalah ketertinggalan dengan negara lain di lihat dari berbagai aspek serta berbagai bidang.

Banyak manfaat yang diperoleh dari perdagangan internasional ini, utamanya adalah mengangkat branding suatu negara. Meski begitu, angka ekspor ikan hias yang telah dicapai di bulan Agustus tersebut nyatanya menurun dibanding periode dan waktu yang sama pada tahun 2020 lalu. Bisa diduga, kendala mobilitas karena pandemi menjadi alasan kuat dari adanya penurunan yang terjadi, terutama dalam hal transportasi untuk pengangkutan ikan hias ke negara tujuan. Di sisi lain, bukti potensi dan kepopuleran ikan hias sebagai primadona komoditas ekspor hasil perairan datang dari wilayah Bali.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menilai peningkatan daya saing Indonesia di kancah international menunjukkan bahwa produk-produk industri nasional semakin kompetitif baik di pasar domestik maupun ekspor. Capaian ini tidak terlepas peran dari manufaktur dalam negeri yang memanfaatkan teknologi digital terkini serta aktif melakukan kegiatan riset untuk menciptakan inovasi. Tak kalah penting, pemerintah akan terus mengawal dan memastikan keamanan perdagangan produkproduk Indonesia di luar negeri dengan diplomasi perdagangan.

Melaksanakan evaluasi dan menyusun laporan pembinaan industri agro dan produk hasil hutan serta pengembangan iklim usaha dan promosi industri. Melakukan kebijakan di bidang industri agro dan peningkatan produk dalam negari pada industri hasil hutan dan perkebunan. Kerjasama ini menitikberatkan pada edukasi berkesinambungan, penyaluran pendanaan, pemasaran online, sistem pembayaran dan logistik hingga penjualan ekspor. Untuk akselerasi persiapan para pelaku bisnis lokal di Kota Surakarta, dibutuhkan pendampingan hulu ke hilir berkelanjutan yang terintegrasi antara pelaku industri dan pemerintah. Yang sering di lupakan dalam riset pemasaran adalah peran sistem informasi internal PGS perusahaan.

Menjadikan ekspor sebagai usaha utama

Karena kelebihan ini, banyak program-program yang sifatnya penguatan hingga bantuan ditujukan bagi UKM. “Jika negosiasi perjanjian perdagangan tersebut berhasil, kami sangat optimis visi Indonesia untuk menjadi pusat produsen halal dunia akan mendekati kenyataan. Peningkatan akses pasar produk ekspor Indonesia melalui negosiasi perdagangan dibarengi secara paralel dengan kegiatan promosi. Kami mencoba menarik purchaser asing dengan melibatkan instansi pemerintah, swasta, daerah, dan perwakilan perdagangan di luar negeri,” papar Agus.

Comments are closed.