Peningkatan Daya Saing Produk Dan Kinerja Ekspor Indonesia Dalam Rangka Pemulihan Perekonomian Indonesia Kategori Sektor Riil

Written by Glori on December 22, 2019 in Strategi Perngiklanan Bisnis with no comments.

Salah satu program yang dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan adalah Kredit Ultra Mikro . Program ini menyasar pelaku UMKM yang belum terfasilitasi oleh Kredit Usaha Rakyat dari perbankan. Pada Desember 2001, Presiden Megawati Soekarnoputri menetapkan Keppres Nomor 127 Tahun 2001 tentang Bidang/Jenis Usaha yang Dicadangkan untuk Usaha Kecil dan Bidang/Jenis Usaha yang Terbuka untuk Usaha Menengah atau Besar dengan Syarat Kemitraan. Selain itu, terdapat pula program bantuan UMKM dari BUMN di luar bank, seperti bantuan dari PLN dan Pertamina, baik dana bantuan atau dana hibah dengan persyaratan yang jauh lebih mudah daripada pinjaman financial institution. Akan tetapi, pinjaman dari BUMN sangat terbatas tergantung dari laba BUMN tersebut. Dari sisi program, pemerintah mulai memberikan perhatian pada UMKM pada tahun 1970-an dengan berbagai program bantuan.

Menjadikan ekspor sebagai usaha utama

Kementerian Perindustrian juga merupakan salah satu lembaga yang tengah menyiapkan dukungan agar semua berjalan dengan baik. Karena walaupun mayoritas bukan muslim, Taiwan membutuhkan semacam sistem sertifikasi. Terkait halal tersebut, saat ini Taiwan sudah melakukan kerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia Indonesia. Keberagaman komoditas tersebut menunjukkan negara kita punya banyak produk potensial yang bernilai ekspor.

Meskipun ini tidak memerlukan biaya apapun untuk melakukannya, mereka membutuhkan waktu yang diinvestasikan untuk terus diperbarui. Apa pun yang Anda gunakan, pastikan semua materi pemasaran Anda memiliki element kontak terbaru untuk perusahaan Anda bersama dengan orang yang bertanggung jawab untuk penjualan pada pasar internasional. Meningkatkan dan memantau pelaksanaan teknis pengembagan industri agro, dan produk hasil hutan. Berdasarkan hal tersebut maka di wilayah Kota Balikpapan dikembangkan Pelabuhan Laut Internasional sebagai transit point PGS distribusi barang skala nasional dan internasional.

Untuk itu, diperlukan kesiapan ekspor yang optimum agar kita mampu berkolaborasi dengan berbagai negara melalui perjanjian dagang yang sudah ada untuk saling membuka pasar, sekaligus berupaya meningkatkan nilai tambah masing-masing produk yang diekspor. Kemendag juga menargetkan penyelesaian perundingan perjanjian dagang yang masih berlangsung secepatnya,” terang Mendag. Sehingga, pada tahap selanjutnya struktur pasar oligopolistik dan monopolistik tidak dapat dihindarkan, akan tetapi bukan pula bahwa lahirnya direncanakan.

Pemerintah pada intinya memiliki kewajiban untuk turut memecahkan tiga hal masalah klasik yang kerap kali menerpa UKM, yakni akses pasar, modal, dan teknologi yang selama ini kerap menjadi pembicaraan di seminar atau konferensi. Dengan posisinya yang amat strategis, Istanbul menjadi hub berbagai kegiatan promosi ekonomi, khususnya pameran perdagangan, jasa dan pariwisata berskala internasional. Tercatat pameran diselenggarakan di Istanbul setiap tahunnya, mencakup industri makanan-minuman, otomotif, tekstil, sepatu, bahan bangunan hingga industri perkapalan dan pakaian muslim.

Comments are closed.